Senin, 07 Juni 2010

Perbedaan Individu dalam Menghadapi Kesulitan

Stoltz (2005) mengemukakan bahwa setiap orang dilahirkan dengan dorongan untuk mendaki karena memang hidup ini bagaikan mendaki sebuah gunung. Tetapi walaupun begitu, setiap orang memiliki respon yang berbeda-beda pada pendakian, sehingga sukses yang didapat dalam hidupnya juga bervariasi. Maka berdasarkan AQ, terdapat tiga kelompok manusia yaitu :

1. Quitters (Pecundang atau Mereka yang Berhenti)
Adalah individu yang langsung berhenti di awal pendakian, memilih untuk keluar, menghindari kewajiban, mundur dan berhenti, cendrung untuk selalu memilih jalan yang datar dan lebih mudah. Individu umumnya bekerja sekedar untuk hidup, semangat kerja yang minim, tidak berani mengambil resiko dan cendrung tidak kreatif,menolak kesempatan, mengabaikan, menutupi atau meninggalkan dorongan inti yang manusiawi untuk mendaki, meninggalkan hal yang ditawarkan oleh kehidupan. Tidak memiliki visi dam misi yang jelas serta berkomitmen rendah ketika menghadapi tantangan dihadapan.
2. Campers (Pekemah)
Adalah individu yang berhenti dan tinggal ditengah pendakian. Mendaki secukupnya dan berhenti kemudian mengakhiri pendakiannya. Umumnya setelah mencapai tingkat tertentu dari pendakiannya maka mencari tempat datar yang nyaman sebagai tempat persembunyian dari situasi yang tidak bersahabat. Fokusnya berpaling untuk kemudian menikmati kenyamanan dari hasil pendakiannya. Maka banyak kesempatan untuk maju menjadi lepas karena focus sudah tidak ada lagi pada pendakian. Sifatnya Satisficier, merasa puas diri dengan hasil yang sudah dicapai. Berbeda dengan Quitters, campers sekurang-kurangnya telah menghadapi tantangan pendakian dan mereka telah mencapai tingakt tertentu.
3. Climbers (Pendaki)
Adalah individu yang seumur hidup membaktikan dirinya pada pendakian, tanpa menghiraukan latar belakang, keuntungan atau kerugian, nasib buruk atau nasib baik, dan terus mendaki. Climbers adalah pemikir yang selalu memikirkan kemungkinan-kemungkinan dan tidak pernah membiarkan umur, jenis kelamin, ras, cacat fisik atau cacat mental, atau hambatan lainnya yang menghalangi pendakian.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Inda Ayu Lestari | Design : Noyod.Com